Selasa, 18 Juli 2017

5 Rukun Islam Penjelasan Lengkap

Pengertian Rukun Islam: Kata rukun secara bahasa artinya adalah tiang atau dasar. Sedangkan arti islam secara bahasa adalah selamat. Jadi Rukun Islam adalah dasar atau pokok agar manusia bisa selamat. Ketika seorang manusia bisa melaksankan rukun islam dengan baik dan benar, maka manusia tersebut sebagai orang yang beragama islam (muslim).
Seorang muslim atau muslimah yakin mengetahui tentang rukun islam karena rukun islam ini merupakan faktor-faktor yang wajib dilakukan oleh semua orang yang beragama islam. Jumlah rukun islam semuanya ada 5. Marilah kita bahas penjelasan mengenai rukun islam secara lengkap sebagai berikut:


1. Syahadat
Syarat yang paling utama bagi umat manusia dapat dimasukkan ke dalam golongan yang beragama islam adalah membaca dua kalimat syahadat. Syahadat secara bahasa artinya bersaksi. Sedangkan secara istilah bersaksi dan meyakini bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad sebagai utusan Allah SWT. Bacaan dari syahadat ini adalah sebagai berikut:
Artinya: Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah dan Aku bersaksi sesungguhnya Nabi Muhammad itu utusan Allah. 

2. Mendirikan Shalat
Setelah seorang bersaksi dengan lapadz syahadat, maka selanjutnya seorang muslim harus mendirikan shalat. Yang dimaksud shalat disini adalah shalat fardhu yang jumlahnya ada 5 waktu (dzuhur, ashar, maghrib, isya dan subuh). Shalat fardhu itu harus dilaksanakan oleh setiap muslim dalam setiap harinya karena ibadah shalat merupakan ibadah yang paling unggul diantara ibadah yang lainnya. Dalil tentang shalat adalah sebagai berikut:
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, tunduklah, bersujudlah, dan beribadahlah kepada tuhan kalian (Allah SWT) dan beramal kebaikan agar kalian menjadi orang yang berbahagia

3. Membayar Zakat 
Zakat secara bahasa artinya bersih. Secara istilah zakat adalah mengeluarkan sebagian harta kita yang diberikan kepada orang yang berhak menerimanya dengan tujuan untuk membersihkan harta. Dalil memgenai zakat adalah sebagai berikut:
Artinya: Keluarkanlah zakat dari harta kalian semua agar harta kalian bisa menjadi bersih dan suci.

Zakat dalam agama islam terbagi menjadi 2 bagian yaitu:
➜ Zakat Fitrah: Zakat yang wajib harus dikeluarkan oleh semua orang yang bergama islam baik laki-laki atau perempuan, anak kecil atau sudah dewasa, dan dikeluarkannya zakat fitrah yaitu pada bulan ramadhan sampai dengan waktu sebelum shalat idul fitri.
➜ Zakat Mal: Zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat islam apabila harta kekayaannya sudah mencapai masa nisab dan mencapai masa haol.

4. Melaksanakan Puasa Ramadhan
Rukun islam yang keempat adalah melaksanakan puasa sebulan penuh pada bulan ramadhan. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan hal lain yang membatalkan puasa dari mulai terbit fajar (waktu imsyak) sampai dengan waktu terbenamnya matahari (waktu adzan maghrib). Dalil puasa adalah sebagai berikut:
Artinya: Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian melaksanakan puasa seperti telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, agar kalian menjadi golongan yang bertaqwa (Q.S Al-Baqarah : 183)                                  

Hukum puasa dalam agama islam terbagi menjadi 5 bagian yaitu:
➜ Puasa Wajib seperti puasa ramadhan. puasa qada, dan puasa kifarat.
➜ Puasa Sunat seperti puasa senin kamis, puasa arafah, puasa 10 muharram, dan lain sebagainya.
➜ Puasa Mubah seperti puasa dikususkan pada hari jum'at, dan dikhususkan pada hari minggu.   
➜ Puasa Makruh seperti puasa yang dilakukan pada hari yang ragu, seperti satu hari menjelang bulan ramadhan.
➜ Puasa Haram seperti puasa yang haram dilakukan pada hari raya idul fitri, idul adha, dan pada hari tasyrik.

5. Melakasanakan Ibadah Haji
Rukun islam yang terakhir adalah melaksanakan ibadah haji bagi yang sanggup melaksanakannya. Ibadah haji adalah ibadah kepada Allah dengan cara mengunjungi ka'bah dengan niat ingin beribadah kepada Allah dan melaksanakan rukun-rukunnya. Dalil ibadah haji adalah sebagai berikut:
Artinya: Dan sebagian dari kewajiban kalian kepada Allah adalah melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu melaksanakannya.                                         

Rukun ibadah haji ada 5 yaitu:
➜ Niat ihram haji
➜ Wukuf di padang arafah
➜ Tawaf ifadah
➜ Sa'i
➜ Tahalul
➜ Tertib     



Disqus Comments