Senin, 17 Juli 2017

11 Manfaat Puasa Senin Kamis

11 Manfaat Puasa Senin Kamis: Manusia yang mau melaksanakan maka akan mendapatkan pahala dari allaj SWT, dan apabila tidak dilaksanakan tidak apa-apa (tidak menjadi dosa) begitulah definisi dari kata sunat. Ibadah merupakan tugas manusia kepada allah ketika hidup di dunia ini. Tapi ibadah yang allah perintahkan kepada umat islam ada yang dinamakan ibadah wajib dan ada juga sunat.

Banyak sekali ibadah yang termasuk dalam kategori ibadah sunat, salah satunya ibadah puasa sunat senin kamis. Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri tauladan rutin melaksanakan puasa senin kamis. Rasulullah merupakan panutan atau keteledanan bagi umatnya, maka kita selaku umatnya perlahan-perlahan melakukan apa yang biasa dilakukan oleh Rasulullah.


Manfaat dari puasa senin kamis sangatlah banyak buat kehidupan kita, baik yang bersifat jasmani maupun yang bersifat rohani. Oleh karena itu, mereka yang terbiasa melakukan puasa senin kemis dapat menyeimbangkan antara tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). 
                                                       
Manfaat puasa sangat banyak membantu dalam beraktifitas sehar-hari, bahkan agama selain juga ada yang menyuruh untuk berpuasa dikarenakan mereka pun mengetahui manfaat dari puasa itu sendiri tapi cara niat dan pelaksanaannya mungkin berbeda. Dianatara manfaat puasa senin kamis diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Peremajaan sel kulit
Dengan kita rajin melaksanakan puasa senin kamis maka metabolisme dalam tubuh kita akan ada berhentinya, maka dengan keadaan yang seperti itu maka sel-sel tubuh, sel kulit akan bekerja aktif sepenuhnya sehingga dapat meremejakan kembali sel kulit kita.

2. Mengencangkan kulit
Sama halnya dengan peremejaan sel kulit, ketika kita rutinitas melakukan puasa senin kamis maka dapat mengencangkan kulit yang ada pada tubuh kita, dikarenakan sistem metabolisme terhenti sementara dan pengencangan kulit dapat berjalan dengan optimal.

3. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Manfaat puasa senin kamis salah satunya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang menumpuk dalam lemak, darah, dan bagian yang lainnya itu berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

4. Memberikan istirahat untuk organ pencernaan
Organ pencernaan dalam tubuh kita bagaikan mesin, alangkah baiknya mesin itu ada istirahatnya. Dalam tubuh kita pun sama, tubuh kita agar lebih sehat dan pencernaan kita akan terasa lancar puasa termasuk salah satu solusinya.

5   Menurunkan kadar lemak
Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, tapi apabila terlalu berlebihan maka dapat mendatangkan penyakit. Agar kadar lemak dalam tubuh kita tetap optimal dan fungsinya berjalan dengan baik, disamping kita makan dan berolahraga teratur maka puasa senin kamis akan menjadi nilai lebih agar lemak bisa berjalan dengan optimal.

6. Mempercantik kaum wanita secara alami
Salah satu manfaat dari puasa senin kamis sel-sel akan mengalami reorganisasi atau pergantian secara teratur. Hal ini dapat menjadi peremajaan sel-sel dalam tubuh kita dan akan menjadikan tubuh kita akan terasa segar apalagi buat kaum wanita wajah akan terlihat bersih dan berseri.

7. Menenangkan jiwa dan perasaan
Orang yang sudah terbiasa melakukan puasa senin kamis biasanya dapat lebih mengontrol jiwa dan perasaanya. Sebagai contph, dengan puasa senin kemis maka manusia akan dapat mengontrol amarahnya, menenangkan hawa nafsunya sehingga otomatis akan tercipta ketenangan jiwa dan perasaannya.

8. Mampu mengendalikan hawa nafsu
Dengan puasa senin kamis setidaknya kita akan bisa meredam hawa nafsu kita yang mengajak kepada kemaksiatan, ketika kita berada dalam posisi tersebut maka sebaliknya hal-hal positif akan dapat kita laksanakan.

9. Adanya rasa bersyukur
Dengan puasa senin kamis maka setidaknya kita bisa bersyukur atas ni’mat kesehatan dan materi kepada kita. Salah satu wujud dari rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan menjalankan puasa senin kamis tersebut.

10. Lebih banyak beramal
Orang yang lagi berpuasa biasanya hatinya akan mudah untuk melaksanakan amal ibadah kepada Allah SWT. Dimulai dengan bersedekah, menyantuni fakir miskin, beri’tikap di mesjid dan memperbanyak bacaan al-qur’an.

11. Lebih menambah rasa cinta kepada Rasulullah
Dengan berpuasa senin kamis maka menandakan akan cinta kita terhadap Rasulullah. Apabila kita bisa melaksanakannnya secara rutinitas, maka dengan perlahan rasa cinta kita kepada Rasulullah pun akan semakin bertambah dan dapat lebih bersemangat dalam mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah yang lainnya.

Demikian penjelasan beberapa manfaat dari puasa senin kamis, mudah-mudahan kita dapat bisa melaksanakannya. Terima Kasih

              

Disqus Comments