Rabu, 02 Agustus 2017

Tata Cara Wudhu Yang Baik dan Benar

Tata Cara Wudhu Yang Baik dan Benar: Salah satu ajaran Rasulullah yang diajarkan kepada umatnya dalam hal bersuci adalah wudhu. Hukum wudhu dalam agama islam ada yang wajib dan ada yang sunnah. Wudhu wajib adalah wudhu yang dilakukan ketika kita mau melaksanakan ibadah yang harus punya wudhu seperti shalat, membaca al-qur'an dan lain sebagainya. Sedangkan wudhu sunat adalah wudhu yang senantiasa manusia lakukan dalam segala waktu dan kehidupannya dengan tujuan ibadah kepada Allah SWT.         

Dalil tentang kewajiban berwudhu adalah sebuah hadist  Rosulullah yang artinya "Allah tidak akan menerima shalat seorang muslim ketika ia punya hadast kecuali dia sudah punya wudhu" (H.R Imam Bukhari, Imam Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).


Dari dalil hadist Rasulullah diatas dapat kita tarik kesimpulan ketika seorang muslim mau melaksanakan shalat maka diwajibkan untuknya untuk melaksanakan wudhu terlebih dahulu. Tapi dalam melaksanakan wudhu tidak cukup dengan gerakannya saja, melainkan ada langkah-langkah yang telah diajarkan Rasululllah.

Oleh karena hukum dalam islam seperti demikian, maka dalam artikel ini kami akan coba menjelaskan Tata Cara Wudhu Yang Baik dan Benar sesuai yang dinjurkan oleh Rasulullah.

Berkut ini adalah aturan-aturan melaksanakan wudhu diantaranya adalah:

1. Membasuh atau mencuci kedua telapak tangan 3x sambil mengucapkan lapadz:
Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan penyayang          

2.Membersihkan mulut dan lubang masing-masing sebanyak 3x  sambil membaca:
Artinya: Ya allah berilah aku minuman dari haod nabi muhammad yang mana kita tidak akan mengalami kehausan untuk selama-lamanya.

3. Membasuh muka sebanyak 3 kali dan basuhan yang pertamanya dibersamakan dengan niat wudhu yang lapadznya:         

Artinya: Aku niat berwudhu dengan tujuan menghilangkan hadast kecil pardu karena Allah Ta'ala.
Dan dalam setiap selesai membasuh muka disunatkan membaca do'a:
Artinya: Ya Allah putihkanlah wajahku pada waktu hari engkau membuat putih dan membuat hitam wajah manusia pada hari kiamat.

4. Membasuh tangan kanan dan tangan kiri, mulai dari ujung jari hingga pangkal siku sebanyak 3 kali. Untuk tangan kanan disunatkan membaca:
Artinya: Ya Allah berikanlah buku amalku lewat tangan kananku dan mudahkanlah hitungan amalku.

Sedangkan untuk tangan kiri disunatkan membaca:        

Artinya: Ya Allah Aku berlindung dari engkau yang memberikan buku amalku lewat tangan kiri atau lewat bagian belakang punggungku.

5. Mengusap rambut yang ada dibagian kepala sebanyak 3 kali sambil membaca:
Artinya: Ya Allah jagalah rambutku dan kulitku dari siksa api neraka.

6.Menyapu atau membersihkan kedua telinga mulai dari daun telinga sampai dengan bagian atasnya sebanyak 3 kali dan disunatkan membaca:
Artinya: Ya Allah jadikanlah aku ke dalam golongan yang selalu mendengarkan perintahmu dan menjalankan perintah kebaikan darimu. Ya Allah berilah aku pendengaran terhadap orang yang dipanggil kesurga beserta dengan golongan yang berbahagia.

7. Membasuh kaki kanan dan kiri sebanyak 3 kali dari mulai ujung jari sampai dengan mata kaki.
Ketika membasuh kaki kanan disunatkan membaca:
Artinya: Ya Allah lancarkanlah kakiku dalam melewati siroth seperti hamba-hambamu yang shalih.
Ketika membasuh kaki kiri disunatkan membaca:
Artinya: Ya Allah aku berlindung kepadamu dari meleset ketika berjalan diatas siroth sebagaimana celakanya golongan munafik.

8. Membaca do'a setelah wudhu yang lapadznya:
Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, Allah yang tunggal dan allah tidak butuh akan pendamping. Dan Aku bersaksi bahwa nabi muhammad itu hamba dan utusan Allah. Ya Allah jadikanlah aku termasuk golongan yang bertaubat dan golongan yang bersih.         
                                       
Dalam melaksanakan langkah wudhu diatas harus teratur yaitu mendahulukan yang harus didahulukan dan mengakhirkan yang harus diakhiri. Semoga Bermanfaaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb



















Disqus Comments