Minggu, 16 Juli 2017

Tata Cara Shalat Witir

Tata Cara Shalat Witir Beserta Do'anya: Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, sudah selayaknya kita harus meneladani akhlak beliau sesuai yang kita mampu. Salah satu dari akhlak beliau adalah dengan menjalankan ibadah shalat-shalat sunnah seperti yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW selama hidupnya.
 
Kita memang tidak hidup langsung bersama beliau, tapi kita bisa mengetahui jejak langkah dan kebiasaan beliau lewat kisah yang tersimpan dalam al-qur'an, al-hadist, dan lewat media informasi para ulama dari kitab-kitab agama islam. Salah satu keteladanan dan kebiasaan dari rasulullah adalah selalu mengerjakan shalat sunat witir.
                                                              
Shalat sunat witir merupakan shalat sunat yang paling utama dilaksanakan dan sangat besar sekali pahalanya. Shalat sunat witir bisa dilaksanakan ketika kita selesai melaksanakan shalat isya sampai dengan waktu keluar fajar (sebelum waktu subuh). Namun yang paling utama dilaksanakan ketika sepertiga malam atau selepas shalat sunat tahajud. Dengan demikian lewat artikel ini kami akan tuliskan Tata Cara Shalat Witir Beserta Do'anya.

Baca juga artikel dengan materi Macam-Macam Shalat Sunnah

Pengertian Shalat Witir

Shalat witir adalah shalat sunat yang dikerjakan pada malam hari yang raka'atnya harus bilangan ganjil. Hal ini sesuai dengan makna yang terkandung dalam arti witir yaitu ganjil. Jumlah raka'at shalat witir boleh 1 raka'at, 3 raka'at, 5 raka'at, 7 raka'at, 9 raka'at, dan 11 raka'at. Yang paling sedikit 1 raka'at dan yang paling banyak 11 raka'at.

Hukum Shalat Sunat Witir

Hukum shalat witir adalah sunat muakkad. Shalat witir ini dianjurkan untuk dilaksanakan setiap malam, baik sebelum tidur atau setelah tidur walaupun hanya 1 raka'at. Shalat witir dilaksanakan secara munfarid (sendiri), kecuali pada bulan ramadhan disunatkan dilakukan secara berjamaah.

Waktu Pelaksanaan Shalat Sunat Witir

Waktu pelaksanaan shalat witir adalah setelah shalat isya sampai terbitnya waktu fajar shadiq (masuk waktu subuh). Jadi shalat sunat witir boleh dikerjakan setelah kita shalat isya sebelum kita tidur atau dilakukan pada waktu sepertiga malam setelah tidur dan sesudah shalat tahajud itu yang paling utama.

Cara Mengerjakan Shalat Witir

Cara mengerjakan shalat witir sama dengan cara shalat fardhu yang menjadi perbedaan niatnya saja. Jika kita mau melaksanakan shalat witir lebih dari 1 raka'at misal 3, 5, dan seterusnya. Maka sebaiknya kita kerjakan 2 raka'at 2 raka'at (setiap 2 raka'at satu kali salam), dan buat yang terakhirnya boleh 3 raka'at satu kali salam atau 1 raka'at satu kali salam.

Niat Shalat Witir 

Adapun niat shalat witir yang lapadznya adalah sebagai berikut:

Jika 1 raka'at niatnya adalah: 
Artinya: Aku niat shalat sunat witir satu raka'at karena Allah Ta'ala.

Jika 2 raka'at niatnya adalah:
                                           
Artinya: Aku niat shalat sunat witir dua raka'at karena Allah Ta'ala.

Jika 3 raka'at niatnya adalah: 
                                             
Artinya: Aku niat shalat sunat witir tiga raka'at karena Allah Ta'ala.

Jika shalat sunat witir ini dilakukan dengan cara berjamaah maka buat imam dalam niatnya ditambah dengan kata immaman dan buat ma'mum ditambah dengan kata ma'muman. Masalah surat al-qur'an yang dibaca tidak ada ketentuan khusus, tapi sebaiknya pada raka'at pertama surat Al-A'laa, raka'at kedua surat Al-Kaafirun, dan raka'at ketiga Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-nas (dibaca berturut-turut).

Do'a Shalat Witir

Setelah selesai melaksanakan shalat witir, maka disunahkan untuk memmbaca do'a shalat witir yang lapadznya adalah:


Artinya: Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung dengan ridho-Mu jauhkan dari kebencian-Mu, dan aku berlindung dengan pintu maaf-Mu dari pedinya sisksa-Mu, dan aku berlindung yang tidak memuji-Mu, seperti Engkau memuji dzatmu.

Begitulah mengenai pembahasan Tata Cara Shalat Witir, semoga kita diberi pertolongan oleh Allah SWT dalam melaksanakannya.
Semoga Bermanfaat!!!
 


                                          






Disqus Comments